Wednesday, July 17, 2013

tugas sekolah Biologi untuk SMA kelas XI

 Fijhey Astrals

Tugas BIOLOGI kelas IX IPA  ALAT KONTRASEPSI

assalamalaikum,,
     selamat datang di artikel saya tentang  tugas Biologi untuk SMA kelas XI selamat menyelesaikan tugas bagi yang memerlukannya.

                          KATA PENGANTAR
 
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, kami telah menyusun makalah ini dengan baik. Makalah ini membahas tentang “ Alat Kontrasepsi “, yang termasuk salah satu metode program KB yang di programkan oleh pemerintah Indoesia.
        Pembahasan dalam makalah ini disajikan dalam bahasa yang tepat, dan jelas sehingga mudah di pahami pembaca. Di harapkan pembaca dapat memiliki pengetahuan yang cukup tentang “ Alat Kontrasepsi “.
        Akhir kata, semoga makal ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.    Kritik dan saran dari pembaca kami harapkan, demi kesemputnaan makalah ini.

Wonosari, 29 Mei 2013
                                                                                                            Penyusun  Bang Fijai
   

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1   PENDAHULUAN
1.1    Latar belakang
1.2    Rumusan masalah
1.3    Tujuan
1.4    Manfaat
BAB II   PEMBAHASAN
BAB III   PENUTUP
         3.1   Simpulan
         3.2   Saran


BAB I

PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
      Sejalan dengan perkembangan zama, pertumbuhan produk pun mengalami perkembangan pesat.  Dengan lahan hidup yang tetap, maka pertumbuhan produkpapan yang tinggi dapat menimbulkan masalah sandang, pangan, dan kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini maka di lakukan upaya pengaturan kelahiran yang di Indonesia di sebut program Keluarga Berencana ( KB )

1.2    Rumusan Masalah
-    Apa yang di maksud program KB,,,,?
-    Apa yang di maksud dengan alat Kontrasepsi,,,?
-    Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Alat kontrasepsi,,,?
-    Bagaimana mekanisme kerja dari masing-masing alat kontrasepsi,,,?

1.3    Tujuan
     Untuk memberikan informasi tentang “ Alat kontrasepsi “

1.4    Manfaat
      Agar kita khususnya pembaca mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode kontrasepsi yang ada.
 
BAB II
PEMBAHASAN
     PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB)
     Yaitu bagian yang terpadu dalam Program Pembangunan Nasional dan bertujuan untuk turut serta menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual, dan social penduduk Indonesia. Tujuan umum program KB adalah membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan social ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar di peroleh suatu keluarga bahagia dan sejahteraa.
     Alat-alat yang di gunakan untuk mengatur kelahiran di sebut Alat kontrasepsi. Yang di maksud dengan definisi kontrasepsi ini yaitu suatu metode yang di lakukan untuk mencegah kehamilan dan menghindari terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma.  Berikut akan di jelaskan beberapa alat kontrasepsi.

1.     Kondom ( karet KB )
            Kondom adalah sarung karet tipis penutup alat kelamin laki-laki
 yang menampung cairan sel mani saat pria ejakulasi.
               Kelebihan :         murah, mudah di dapat, mudah di pakai sendiri.
Kekurangan     : selalu harus ada persediaan, mengganggu kesenangan  senggama,
                                 kadang-kadang menimbulkan alergi.
              Cara penggunaannya :
     menyarungkan pada alat kelamin laki laki yang sudah tegang, dari   ujung sampai ke pangkalnya pada saat bersenggama. Sesudah bersenggama di keluarkan dari liang senggama, sebelum alat kelamin laki-laki lemas.
2.    Pil KB
      Pil ini adalah hormon yang mengandung estrogen dan progesterone yang di minum  tiap hari. Pil KB ini diperuntukkan bagi wanita yang tidak hamil dan menginginkan pencegah sementara yang paling efektif dan bila di minum secara teratur.

 Kelebihan :
      Kesuburan segera kembali, mengurangi rasa nyeri waktu menstruasi, mudah menggunakannya, tidak mempengaruhi produksi ASI.


 Kekurangan :
      Harus di minum setiap hari, dapat mempengaruhi ASI pada pil kombinasi, tidak di anjurkan pada wanita usia di atas 50 tahun dan perokok karena mempengaruhi keseimbangan metabolisme tubuh.
           Cara penggunaannya :
    Pil pertama di minum tiap hari ke-5 menstruasi berturut-tuut setiap hari 1 pil. Jika lupa minum pil 1 hari maka segera minum 2 tablet keesokan harinya, kecuali pemakai yakin tidak hamil.

3.    AKDR ( Alat Kontrasepsi Dalam Rahim )
    Biasa kita kenal dengan IUD ( Intra Uterin Device ) alat ini sangat efektif dan tidak perlu di ingat setiap hari, seperti halnya pil.
             Kelebihan:
     Sangat murah dan efisien karna cukup sekali pemakaian yang di bantu oleh tenaga medis, efektif mencegah kehamilan selama 10 tahun, cepat mengembalikan kesuburan, tidah mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.
            Efek samping :.
   Secara umum, efek samping yang di timbul tidak akan bersifat permanen. Efek samping hanya akan bersifat sementara tergantung dari penerimaan tubuh terhadap IUD.

Mekanisme kerja : 
      IUD Andalan akan mencegah pelepasan sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Selain itu mengurangi mobilitas sperma agar tidak dapat membuahi sel telur serta mencega sel telur yang telah di buahi menempel pada dinding rahim.

4.    Implant
      Susuk KB atau implat adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti seperti tabung kecil, kira-kira berukuran seperti korek api. Di dalamnya terkandung hormon progesterone yang akan di keluarkan sedikit demi sedikit.

Kelebihan :
     Tidak menekan produksi ASI, praktif dan efektif, tidak ada factor lupa, masa pakai panjang, membantu mencegah anemia, khasiat kontrasepsi susuk berakhir segera setelah pengangkatan, dapat di gunakan oleh ibu yang tidah cocok dengan hormone estrogen.


Kekurangan :
     Implant harus di pasang dan di angkat oleh petugas kesehatan yang terlatih, harganya cukup mahal, implant sering mengubah pola menstruasi karena adanya hormone progesterone yang terkandung di dalamnya, susuk mungkin dapat terlihat di bawah kulit.

Mekanisme kerja :
      Dengan di susukannya 6 kapsul / 1 kapsul silastik implant di bawah kulit, maka setiap hari di lepas sejumlah leveohorgestrel ke dalam darah melalui proses difusi dari kapsu-kapsul yang terbuat dari bahan silastik. Satu sel implant yang terdiri dari 6 kapsul dapat bekerja secara efektif selama 5 tahun.
5.    KB Suntik
           KB suntik merupakan metode kontrasepsi yang diberikan melalui suntikan.

Kelebihan :
      Tidak mempengaruhi hubungan seksual, dapat di gunakan  walau sedang menyusui, member perlindungan terhadap kanker rahim, memberi perlindungan terhadap infeksi panggul.

Kekurangan :
       Siklus menstruasi mungkin berubah menjadi tidak teratur, berkepanjangan atau tidak mendapat menstruasi sama sekali, penggunaan KB suntik 3 bulan menurunkan kadar hormone estrogen, akibatnya dapat memicu timbulnya osteoporosis, efek samping lainnya misalnya sakit kepala, jerawat, nyeri payudara, kembung.

BAB III
PENUTUP
3.1   Simpulan

      Dengan hasil yang telah kami paparkan pada bab sebelumnya, kami dapat menyimpulkan bahwa upaya pengaturan kelahiran di Indonesia di sebut Keluarga Berencana ( KB ) dengan salah satu metode yang di gunakan yaitu Alat Kontrasepsi. Setiap alat Kontrasepsi ( Alat KB ) ini memiliki kelebihan, kekurangannya serta mekanisme kerja masing-masing.

3.2   Saran
      Di harapkan para pembaca setelah membaca makalah ini, akan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dari metode Kontrasepsi yang ada, dan berdiskusilah dengan pasangan anda karena yang terpenting adalah anda dan pasangan anda merasa aman dan nyaman dengan pilihan Kontrasepsi anda berdua.

Nah,,  sekian dulu sob,,  hehehe,,   jangan lupa berkunjung di link di bawah ini yach,,

- Blog bisnis PTC

- Blog tentang Bisnis Afiliasi untuk Pemula

- Blog tentang Berbelanja barang berkualitas Viralgen

        sekian dulu dari saya.  yachhh,,
salam kenal adja dari saya yachh,,  Fijhey,, :)


Thank You

Bagikan

Jangan lewatkan

tugas sekolah Biologi untuk SMA kelas XI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
July 3, 2018 at 12:19 PM

Wah... Mantap nhe agan
Jangan lupa follow back

Anen. Web. Id

Reply